Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Tuan Rumah KTT Penerbangan UE-ASEAN

Kompas.com - 09/02/2014, 02:36 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Singapura menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Penerbangan Uni Eropa (UE)-ASEAN 2014 pada 11-12 Februari mendatang. Informasi dari UE yang diterima Kompas.com pada Jumat (7/2/2014) menunjukkan kalau KTT ini adalah yang pertama kali diselenggarakan sebagai media untuk mendiskusikan manfaat, promosi, dan peningkatan hubungan sektor penerbangan UE dan ASEAN. Tiga penyelenggara KTT ini adalah Direktorat Jenderal Komisi Eropa untuk Mobilitas dan Trasnport, ASEAN Air Transport Working Group, dan Sekretariat ASEAN.

Khusus bagi Indonesia, sebagaimana data UE tertanggal 5 Desember 2013, masih ada 55 maskapai penerbangan Indonesia yang dilarang terbang ke kawasan UE. Sampai kini, UE hanya mengizinkan Garuda Indonesia, Airfast Indonesia, Mandala Airlines, Ekspres Transportasi Antarbenua, dan Indonesia Air Asia. UE masih menganggap keselamatan dan keamanan penerbangan oleh maskapai penerbangan Indonesia belum memenuhi persyaratan.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) 2013-2015 Muhammad Arif Wibowo, menurut data UE tersebut, mengatakan kalau pekerjaan rumah penerbangan nasional adalah keselamatan dan keamanan penerbangan. Dua hal ini menjadi pokok penting Indonesia untuk menghadapi era penerbangan bebas Asia Tenggara atau ASEAN Open Skies mulai 2015 mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com