Kompas.com - 08/02/2014, 08:00 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

MONTREAL, KOMPAS.com — Grup hardrock asal Kanada, Skinny Puppy, melayangkan tagihan senilai 666.000 dollar AS kepada Pentagon di Amerika Serikat. Tagihan itu dikenakan setelah penjaga penjara Guantanamo menggunakan musik mereka untuk mengiringi siksaan terhadap para tahanan.

Skinny Puppy menemukan musik mereka dipakai di penjara di kawasan selatan Kuba tersebut oleh mantan penjaga yang menggemari band ini. Informasi soal tagihan tersebut dikonfirmasi oleh pemain kibor band tersebut, Cevin Key, kepada CTV Kanada.

Kelompok-kelompok HAM mengatakan bahwa petugas penjara telah memutar musik keras yang memekakkan telinga dengan lirik kekerasan selama menginterogasi para tersangka pelaku terorisme.

Beberapa band lain, termasuk REM, Rage Against the Machine, dan Metallica, telah mengecam penggunaan musik mereka di Guantanamo. "Kami mengirimi mereka faktur untuk layanan musik kami, mengingat mereka menggunakan musik kami tanpa sepengetahuan kami sebagai senjata untuk menyerang seseorang," kata Key kepada CTV.

Key mengatakan, mereka sengaja mengirimkan tagihan dengan nominal triple 6 itu. Kelompok Skinny Puppy kerap tampil dengan olesan darah palsu, adu parang, kulit binatang, dan bahkan memasukkan adegan eksekusi dalam penampilannya.

Key mengatakan, anggota band-nya tersinggung ketika tahu musik mereka diputar di Guantanamo untuk menyiksa para tahanan. "Saya juga tak mau jadi sasaran musik terlalu keras selama 6 sampai 12 jam pada satu waktu tanpa jeda," aku Key sembari mengakui bahwa musik mereka memang "mimpi buruk" bagi sebagian pendengar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.