Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raksasa Apotek AS Hentikan Penjualan Rokok

Kompas.com - 06/02/2014, 09:24 WIB
Salah satu jaringan apotek terbesar di Amerika Serikat, CVS Caremark, mengatakan, mereka tidak akan lagi menjual rokok mulai Oktober tahun ini. Kepala Eksekutif CVS Caremark, Larry Merlo, mengatakan tidak selayaknya rokok dan layanan kesehatan dijual di satu atap.

"Menghentikan penjualan rokok adalah keniscayaan. Kami ingin membantu pelanggan kami agar kesehatan mereka selalu terjaga," kata Merlo. "Intinya adalah penjualan rokok sebenarnya tidak sesuai dengan misi kami," ujar Merlo.

Jaringan apotek ini mengatakan, keputusan menghentikan penjualan rokok akan menyebabkan perusahaan merugi sekitar 2 miliar dollar AS (Rp 23,9 triliun) per tahun. Namun, kerugian ini akan tertutup oleh penerimaan dari penjualan produk-produk kesehatan.

Presiden Barack Obama mengatakan, langkah CVS Caremark akan membantu meningkatkan kualitas kesehatan rakyat Amerika. Presiden Obama mengucapkan selamat atas prakarsa jaringan apotek ini dalam memulai kampanye nasional yang ditujukan membantu menghentikan kebiasaan merokok orang-orang di Amerika.

"Sebagai salah satu jaringan apotek terbesar di Amerika, CVS Caremark sudah menunjukkan contoh yang sangat luar biasa," kata Obama.

Obama, yang pernah dikenal sebagai perokok, juga mengatakan, pemerintah akan meningkatkan upaya mengurangi kematian akibat merokok dan bertekad memangkas biaya layanan kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com