Kompas.com - 03/02/2014, 09:27 WIB
EditorEgidius Patnistik
Pasukan Pemerintah Suriah dilaporkan menewaskan sedikitnya 46 warga sipil di Aleppo, kota di bagian utara negara itu. Kelompok pegiat Suriah, SOHR, mengatakan, helikopter pemerintah menjatuhkan drum-drum berisi bahan peledak ke Aleppo.

Penggunaan bom drum dikecam oleh para pegiat hak asasi manusia karena mengenai kawasan meluas yang tidak terpusat pada sasaran tertentu.

Laporan SOHR menyebutkan, sebanyak 33 warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak, tewas dalam serangan di daerah Al-Bab pada Sabtu (1/2/2014), sementara 13 lainnya di kawasan timur kota tersebut.

Sejumlah anggota kelompok pemberontak juga tewas dalam serangan Sabtu.

Pasukan pemerintah melancarkan serangan atas kawasan yang dikuasai kelompok pemberontak di Aleppo dalam beberapa pekan belakangan.

Sementara Rusia, sekutu utama Pemerintah Damaskus, menghambat upaya PBB untuk mengeluarkan pernyataan yang mengecam serangan udara atas warga sipil di Aleppo. Menteri Pertahanan Suriah Jenderal Fahd al-Freij mengunjungi Aleppo, Jumat (31/1/2014) pekan lalu, dan memuji tentara pemerintah atas kemenangan dan pembebasan sejumlah wilayah di Aleppo.

PBB memperkirakan lebih dari 100.000 orang tewas dalam konflik berdarah di negara itu sejak maraknya perlawanan atas pemerintah Presiden Bashar al-Assad sekitar tiga tahun lalu.

Upaya internasional untuk mendamaikan kedua pihak yang bertikai di Suriah lewat perundingan di Geneva, pekan lalu, masih belum membuahkan hasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.