Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Arti Kategori 2 Standar Keamanan Penerbangan FAA...

Kompas.com - 01/02/2014, 07:26 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters
NEW DELHI, KOMPAS.com - Otoritas Penerbangan Amerika Serikat (FAA) menurunkan peringkat keselamatan penerbangan India dari Kategori 1 menjadi Kategori 2. Di dalam Kategori 2, India akan satu kelompok dengan Indonesia, Filipina, dan Banglades. Apa arti dari Kategori 2 versi FAA ini?

Penerbangan dari negara yang masuk Kategori 2 menurut FAA tetap dapat melayani penerbangan ke Amerika Serikat tetapi dengan pengawasan tinggi dari FAA. Operator penerbangan dari negara Kategori 2 ini juga tak dapat menambah maupun mengubah rute penerbangan mereka di Amerika. Paparan ini merujuk pada aturan FAA International Aviation Safety Assessment. 

Berkala, FAA membuat ulasan atas kesiapan keselamatan udara dari beragam negara. Untuk India, audit FAA berlangsung pada September dan Desember 2013. Peninjauan itu mendapatkan bahwa ada kekurangan jumlah petugas keselamatan penerbangan untuk pemeriksaan dan minimnya pelatihan petugas untuk menilai kelaikan terbang dari pesawat.

Namun, pada awal pekan ini India telah mengangkat 75 petugas keselamatan penerbangan untuk mencegah penurunan peringkat tersebut berlangsung lama. Mereka juga mengatakan telah mengatasi 29 dari 31 isu yang diangkat dari audit FAA tersebut.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Marie Harf mengatakan Amerika Serikat dan India berkomitmen sesegera mungkin memulihkan India ke Kategori 1 layanan penerbangan. Saat ini tim dari FAA berada di India untuk membahas pemulihan tersebut bisa diwujudkan.

Harf mengatakan keputusan FAA merujuk pada standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional PBB (ICAO) dan tidak ada hubungannya dengan sengketa yang meledak antara Amerika Serikat dan India, terkait pengusiran diplomat India dari Amerika karena kasus penipuan visa dan pembayaran pembantu di bawah standar pengupahan Amerika.

"Ini adalah keputusan peraturan," kata Harf pada konferensi pers reguler. "Saya tidak tahu berapa banyak waktu yang kami sediakan untuk mereka, tapi menurut pemahaman saya bahwa ini semua dibuat di dalam kerangka peraturan yang memiliki kriteria sangat spesifik (bahwa) negara harus memenuhi standar ICAO," papar Harf.

"Ini bukan standar kami. Standar ICAO mengatur semua negara. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan India untuk membantu mereka kembali ke rating Kategori Satu," imbuh Harf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com