Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Portugal dan Indonesia Pentingkan Implementasi Kerja Sama Bilateral

Kompas.com - 28/01/2014, 15:12 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Portugal dan Indonesia mementingkan implementasi kerja sama bilateral untuk bidang ekonomi dan kebudayaan. Menurut siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Portugal yang diterima Kompas.com pada Selasa (28/1/2014), Presiden Portugal Anibal Cavaco Silva dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono sudah meneken perjanjian itu pada Mei 2012. Waktu itu, Presiden Anibal bertandang ke Indonesia.

Sementara itu, kedua pihak kembali saling mengingatkan komitmen itu tatkala, saat ini, Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa berkunjung ke Portugal. Selama di Portugal, Marty akan bersama dengan mitranya, Menteri Luar Negeri Portugal Rui Machete.  

Bentuk-bentuk kerja sama yang disepakati untuk segera ditindaklanjuti, antara lain  pengiriman misi dagang, kerja sama bidang energi terbarukan dan energi ramah lingkungan, penyelenggaraan program kerja sama di bidang pendidikan, olah raga, wisata sejarah dan religi, dan pertukaran misi kesenian. Bentuk-bentuk kerja sama tersebut berpeluang untuk dikembangkan dalam format kerja sama trilateral antara Portugal, Indonesia dan Timor Leste, misalnya dalam dibidang pendidikan dan energi terbarukan. “Angka perdagangan kedua negara pada periode Januari – Oktober 2013 menunjukkan perkembangan positif, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2012. Namun demikian, masih banyak ruang dan potensi untuk digarap lebih lanjut untuk meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara,” kata Marty Natalegawa.

Selain membahas hubungan bilateral, kedua Menlu juga bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama, termasuk perkembangan terakhir di ASEAN dan kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.

Menlu Marty Natalegawa juga menyampaikan kepada mitranya kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah “the 6th Global Forum of the UN Alliance of Civilization” pada 28 – 29 Agustus 2014. Dalam kesempatan itu pula, Indonesia mengajak pemerintah Portugal bekerja sama mendorong pemahaman yang lebih dalam di antara pemangku kepentingan melalui dialog lintas budaya dan lintas agama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com