Kompas.com - 26/01/2014, 02:17 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIRUT, KOMPAS.com - Kelompok militan Negeri Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL) dikabarkan telah mengembangkan sayapnya ke Lebanon.

Kabar ini diperoleh setelah rekaman seorang tokoh yang awalnya tak dikenal Abu Sayyaf al-Ansari mengucapkan sumpah setia kepada Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin ISIL di Irak, yang memiliki keterkaitan dengan Al Qaeda.

Rekaman itu beredar di sebuah forum internet, Sabtu (25/1/2014), di tengah ketegangan sektarian yang semakin tinggi di Lebanon terkait perang saudara di negeri tetangga, Suriah.

Dalam rekaman suara selama lima menit itu, Abu Sayyaf mengatakan seorang juru bicara ISIL di Lebanon yang disebut bernama Abu Omar al-Muhajir dalam waktu dekat akan memberikan pernyataan.

Al-Ansari mengatakan sebagian besar pendukungnya terutama berasal dari kelompok Sunni di Tripoli, kota terbesar kedua di Lebanon, yang belakangan didera kekerasan sektarian antara Sunni dan Syiah.

Selain itu, Abu Sayyaf al-Ansari juga mengucapkan selamat kepada Brigade Abdullah Azzam, yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan bom kembar terhadap kedutaan besar Iran di Beirut pada November tahun lalu di terletak di kawasan basis utama Hezbollah.

ISIL mulai aktif di Suriah tahun lalu, dan langsung menguasai daerah yang awalnya dikuasai pasukan oposisi yang memerangi Presiden Bashar al-Assad. Di wilayah yang dikuasainya itu, ISIL menerapkan syariah Islam yang sangat ketat.

Meski pada awalnya kehadiran ISIL disambut baik para pemberontak anti-Assad, namun ISIL yang kerap menyerang sesama pemberontak membuat kelompok itu kini menjadi musuh bersama kelompok pemberontak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.