Kompas.com - 23/01/2014, 18:44 WIB
EditorErvan Hardoko
DAVOS, KOMPAS.com — Presiden Iran Hassan Rohani, Kamis (23/1/2014), mengatakan, pemilihan umum akan menjadi jalan terbaik untuk mengakhiri perang saudara di Suriah.

Rohani, yang tengah menghadiri Forum Perekonomian Dunia (WEF) di Swiss, memperingatkan Barat tidak bisa memaksakan sebuah solusi politik di negeri tetangga sekaligus sekutu dekat Iran itu.

Di hadapan para delegasi WEF, Rohani menambahkan, rakyat Suriah seharusnya diberikan kesempatan untuk menentukan nasib mereka sendiri.

"Solusi terbaik adalah menggelar pemilihan umum Suriah yang bebas dan adil. Tak ada pihak di luar Suriah yang boleh memutuskan nasib rakyat dan bangsa Suriah," ujar Rohani.

Sambil menggambarkan konflik yang sudah berlangsung selama tiga tahun itu sebagai sebuah "bencana", Rohani melanjutkan Iran sangat prihatin dengan membanjirnya para pejuang asing yang disebutnya sebagai teroris ke Suriah.

"Ribuan rakyat tak berdosa terbunuh atau terpaksa menjadi pengungsi dan kehilangan tempat tinggal mereka. Sungguh, ini adalah kondisi yang memilukan," tambah Rohani.

"Kita semua harus bekerja sama untuk mengusir teroris dari Suriah dan menyarankan kepada negara-negara yang mendukung mereka untuk menghentikan dukungannya," Rohani menegaskan.

Upaya PBB melibatkan Iran dalam pembicaraan damai Suriah yang digelar di Montreaux, Swiss, gagal karena adanya keberatan dari AS dan kelompok oposisi.

Mereka menuding Teheran selama ini sebagai penyokong utama rezim Presiden Bashar al-Assad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.