Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snowden Dituding Bekerja Sama dengan Rusia

Kompas.com - 20/01/2014, 22:10 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Mantan staf intelijen Amerika Serikat yang membeberkan dokumen rahasia, Edward Snowden, mungkin telah bekerja sama dengan Rusia. Demikian ungkap Ketua Komite Intelijen DPR AS Mike Rogers.

"Saya percaya ada alasan mengapa dia (Snowden) akhirnya berada di pelukan seorang agen di Moskwa," ujar Mike Rogers di satu acara stasiun televisi setempat.

Mike Rogers tidak memberikan bukti kuat untuk mendukung klaimnya, dan FBI dikatakan tetap yakin bahwa Snowden bertindak sendiri.

Snowden diberikan suaka sementara di Rusia. Mantan staf kontrak Badan Keamanan Nasional itu menghadapi dakwaan spionase di Amerika Serikat, tetapi ia menegaskan tidak menyerahkan dokumen apa pun ke pemerintah asing.

Rogers berkata bahwa apa yang berhasil dilakukan Snowden di "luar kemampuan teknisnya".

Tampaknya "ia menerima bantuan dan ia mencuri hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan privasi", misalnya data militer AS dalam jumlah besar, lanjut Rogers.

Pekan lalu, informasi terbaru yang dibocorkan Snowden mengisyaratkan bahwa AS telah mengumpulkan dan menyimpan hampir 200 juta pesan pendek setiap hari dari seluruh dunia, seperti dilaporkan oleh kabar The Guardian dan televisi Channel 4 News.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com