Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Perdagangan Korea Selatan Diculik di Libya

Kompas.com - 20/01/2014, 19:16 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Sekelompok orang bersenjata menculik seorang pejabat perdagangan Korea Selatan di ibu kota Libya, Tripoli. Demikian penjelasan Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, Senin (20/1/2014).

Seorang pejabat kemenlu Korea Selatan mengatakan pejabat yang diculik itu adalah Han Seok-woo, kepada hubungan dagang di Badan Promosi Investasi Perdagangan Korea (KOTRA).

Sumber kemenlu itu menmgatakan, pada Minggu (19/1/2014), Han mengendarai mobilnya menuju kediamannya usai bekerja. Di tengah jalan empat orang bersenjata mengadang mobilnya dan menyeretnya ke sebuah kendaraan lain.

Sejauh ini belum diperoleh pesan apapun dari kelompok penculik. Alasan penculikan hingga kini juga belum diketahui.

Han, seorang pakar Timur Tengah yang fasih berbahasa Arab, mengajukan diri untuk ditempatkan di Libya. Di Tripoli, Han memimpin sebuah kantor yang terletak di lantai 18 kompleks Tripoli Tower. Demikian kantor berita Yonhap mengabarkan.

Menurut situs resmi KOTRA, kantor Han pernah disegel bulan lalu terkait masalah keamanan. Akibat penculikan ini, pemerintah Korea Selatan menerbitkan peringatan bagi warga negeri itu yang akan bepergian ke Libya.

Volume perdagangan antara Korea Selatan dan Libya pada 2012 tercatat sebesar 1,8 miliar dolar AS. Lebih dari separuh ekspor Korea Selatan ke Libya berasal dari sektor otomotif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com