Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rwanda Berangkatkan Tentara ke Republik Afrika Tengah

Kompas.com - 16/01/2014, 15:57 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Rwanda memberangkatkan total 850 personel tentaranya dalam beberapa tahap ke Republik Afrika Tengah (CAR). Menurut warta AP  pada Kamis (16/1/2014), pasukan itu menggunakan pesawat angkut militer AS. "Pasukan Rwanda tergabung dalam misi Uni Afrika (UA),"kata Kepala Staf Angkatan Darat (AD) Rwanda Patrick Nyamvumba.


Menurutnya, pemberangkatan pasukan tersebut menjadi jawaban setelah sehari sebelumnya UA meminta tambahan pasukan untuk mengatasi krisis di CAR.

Misi UA tergabung dalam MISCA saat ini berkekuatan 4.400 anggota militer. Jumlah itu akan bertambah hingga 6.000 orang.

Misi bertugas meredam konflik horizontal pasca-lengsernya Presiden Michel Djotodia di negara berpenduduk mayoritas Kristen tersebut.

Para pengikut Djotodia kemudian membentuk milisi bernama Seleka. Kelompok ini kemudian melakukan aksi kekerasan di CAR.

Djotodia turun dari jabatannya seminggu silam lantaran tekanan internasional. Saat ini UA bertugas menjaga stabilitas di CAR untuk pemilihan presiden sementara.

Kini, pasukan UA berasal dari Burundi, Kamerun, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Chad, dan Guinea Equator. Di samping itu, ada 1.600 tentara Perancis yang juga menjaga perdamaian di CAR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com