Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eks Bos Mafia Beri Kuliah Hukum untuk Pengacara

Kompas.com - 15/01/2014, 23:23 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Mantan bos mafia Italia Marcello Dall'Anna (46) yang menjalani hukuman penjara seumur hidup di penjara terpencil Sardinia segera memberikan kuliah mengenai hukum penjara kepada para pengacara.

Dall'Anna dinyatakan bersalah oleh pengadilan Italia lebih dari 20 tahun lalu karena memerintahkan pembunuhan bayaran.

Seperti dilaporkan wartawan BBC Bernadette Kehoe, Dall'Anna sebenarnya tidak menikmati banyak kelonggaran di penjara dengan pengamanan sangat ketat.

Namun, Dall'Anna berhasil mendapat gelar sarjana hukum dengan mengambil kuliah dari dalam penjara. Di penjara pula dia menempuh berbagai ujian untuk menamatkan pendidikan jenjang sarjana.

Mulai pekan depan, Marcello Dall'Anna akan menjadi dosen bagi 20 orang pengacara. Sebagian kuliahnya akan disampaikan di dalam penjara.

Seorang pengacara yang membantu mantan bos mafia tersebut memberikan kuliah mengatakan, Marcello Dall'Anna telah menjauhkan diri dari masa lalunya. Dia juga berusaha agar status pengamanannya diturunkan.

Dall'Anna sudah menjadi penulis di jurnal-jurnal hukum dan akan menerima imbalan honor yang tak terlalu besar karena memberikan kuliah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com