Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Malaysia Tangkap Sultan Malaka Palsu

Kompas.com - 15/01/2014, 20:37 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Kepolisian Malaysia, Rabu (15/1/2014), menangkap seorang pria yang mengaku sebagai Sultan Malaka yang berwenang memberikan gelar kehormatan kepada warga.

Pria yang menyebut dirinya Sultan Raja Noor Jan Shah Raja Tuah menggunakan posisi tersebut untuk memberikan gelar kepada masyarakat, walau sebenarnya Malaka saat ini sudah dipimpin seorang gubernur.

Polisi menangkap pria itu berdasarkan undang-undang penghasutan dan sedang menyelidiki apakah orang membayarnya untuk mendapat gelar palsu, seperti dilaporkan wartawan BBC, Jennifer Pak, dari Kuala Lumpur.

Malaysia memiliki 13 negara bagian dan sembilan di antaranya masih berstatus kesultanan yang para sultannya secara bergantian ditunjuk menjadi kepala negara untuk periode lima tahun.

Walau peran kepala negara dan para sultan hanya sebatas seremonial, mereka secara umum masih dihormati kalangan masyarakat.

Banyak warga Malaysia yang masih mendambakan gelar dari sultan namun pada saat bersamaan banyak yang mengeluh gelar tersebut bisa dibeli dari makelar atau orang yang mengaku sebagai sultan. Keluhan itu mendorong pihak berwenang bertindak untuk membersihkan citra kesultanan.

Biasanya gelar dari kesultanan bisa membantu seseorang dalam berhubungan dengan kelompok elite maupun untuk mendapat peluang bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com