Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembok Uang Rp 25 Miliar ala Koperasi di China

Kompas.com - 15/01/2014, 20:28 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Dalam sistem koperasi, setiap anggota berhak mendapatkan sisa hasil usaha (SHU) setiap tahun. Besarnya sisa hasil usaha ini sesuai besarnya kontribusi tiap anggota.

Nah, di China warga desa Jianshe, kabupaten Lianshan, provinsi Sichuan, juga tergabung dalam sebuah koperasi. Di akhir tahun lalu mereka mendapatkan uang sesuai kontribusi mereka.

Uniknya, uang yang akan dibagikan sebanyak 13 juta yuan atau sekitar Rp 25 miliar itu ditumpuk di sebuah lapangan desa. Tumpukan uang itu membentuk sebuah tembok setinggi dua meter.

Sejumlah warga bahkan dengan sukarela menjaga uang tersebut dari incaran pencuri. Bahkan di malam hari, mereka tidur di atas uang tersebut.

"Tak nyaman tidur di atas uang. Apalagi kami terlalu takut untuk tertidur lelap," kata salah seorang warga desa yang berjaga.

Saat uang tersebut dibagikan, warga desa sangat mensyukuri apa yang mereka terima.

"Saya butuh waktu lama menghitung uang yang saya terima. Tangan saya sampai kelelahan," kata Jin Ou, seorang warga desa yang mendapatkan uang sebesar 300.000 yuan.

Sementara itu, Yang Huai yang menerima 200.000 yuan mengatakan, membagikan uang bonus secara tunai seperti ini sudah menjadi tradisi desa tersebut sejak 2010.

Sebanyak 340 keluarga dari 483 keluarga di desa itu memiliki modal di koperasi desa yang berdiri pada 2010 itu.
"Koperasi itu kemudian membuka usaha peternakan babi, perkebunan buah ceri dan berinvestasi di empat pembangkit air skala kecil di Sichuan," kata salah seorang pejabat desa, Zhu.

Koperasi itu menjanjikan bonus tahunan, meski warga desa tak terlibat langsung dalam pengelolaan koperasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com