Kompas.com - 12/01/2014, 10:08 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com - Kelaparan yang terjadi di kamp pengungsi Palestina yang terkepung di sebelah selatan Damaskus, Suriah menelan lagi dua nyawa, sehingga menjadikan keseluruhan korban jiwa menjadi 48 orang. Demikian pernyataan sebuah kelompok oposisi Suriah, Sabtu (11/1/2014).

Komisi Umum Revolusi Suriah (SRGC), koalisi 40 kelompok oposisi, mengatakan persediaan makanan dan obat-obatan di kamp pengungsi Yarmouk setelah 180 hari dikepung pasukan loyalis Presiden Bashar al-Assad.

SRGC menuduh rezim Suriah karena tak mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki kamp pengungsi yang dihuni sekitar 20.000 warga Palestina.

Para aktivis Palestina dan sejumlah jurnalis  bereaksi dengan meluncurkan kampanye untuk menekan pemerintah mereka membantu para pengungsi yang kelaparan.

"Lebih dari 60 stasiun televisi, radio dan media massa lain bekerja untuk mengabarkan apa yang terjadi di Suriah," kata seorang aktivis dan jurnalis Palestina, Rami Mahdawi.

"Terjadi protes di beberada daerah dan kota (di wilayah Palestina). Para pengunjuk rasa berjalan menuju markas Otorita Palestina mendesak penyelamatan Yarmouk," tambah Mahdawi.

Sejauh ini, upaya yang dilakukan para pejabat Palestina yang mendesak pemerintah Suriah untuk melonggarkan pengepungan belum membuahkan hasil.

Sejak 1957, kam pengungsi seluas 2,1 kilometer persegi itu menjadi tempat tinggal para pengungsi Palestina yang dipaksa meninggalkan kampung halaman mereka oleh Israel.

Pasukan pemerintah Suriah mengepung kamp Yarmouk karena sejumlah kelompok Palestina bergabuung dengan pasukan pemberontak yang memerangi Assad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.