Kompas.com - 10/01/2014, 21:14 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Panel peninjau bentukan pemerintah Amerika Serikat memutuskan seorang warga negara Yaman yang ditahan di Teluk Guantanamo, Kuba, selama lebih dari satu dekade dibebaskan.

Mahmud Mujahid (33) dituduh sebagai anggota pejuang jaringan Al-Qaeda dan sebagai pengawal Osama Bin Laden.

Mujahid pertama kali dimasukkan ke pusat tahanan milik Amerika Serikat tersebut pada 2002 tetapi hingga kini belum pernah dikenai dakwaan resmi.

Panel beranggotakan enam orang memutuskan bahwa ia tidak lagi menjajadi ancaman bagi Amerika Serikat.

Sebelumnya ia dilaporkan sebagai salah seorang dari puluhan tahanan yang dianggap terlalu berbahaya bila dibebaskan tetapi tidak bisa diadili karena kurang bukti atau kurang yurisdiksi.

"Ia semestinya tidak ditahan dan sekarang setelah 12 tahun ia harus dipertemukan dengan keluarganya," kata pengacara Mujahid, David Remes, seperti dikutip kantor berita AP.

"Tidak ada lagi alasan menahannya di Guantanamo," tambahnya.

Mahmud Mujahid tercatat sebagai tahanan pertama yang tampil di hadapan panel peninjau yang dibentuk atas perintah Presiden Barack Obama.

Langkah itu ditempuh sebagai upaya untuk menutup total tahanan Teluk Guantanamo, tetapi sekarang masih terdapat 155 tahanan di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.