Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan di Masjid Nigeria, Tiga Tewas

Kompas.com - 09/01/2014, 07:59 WIB
Kepolisian Nigeria mengatakan, sekelompok pria bersenjata menyerang sebuah masjid dan menewaskan tiga orang serta melukai 12 lainnya. Serangan terjadi di sebuah kampung tempat tinggal gubernur negara bagian Kano, Nigeria utara.

Ayah dari gubernur sedang bersembahyang di masjid ketika serangan terjadi, tetapi ia berhasil lolos.

Kepada kantor berita AP, seorang saksi mata menyebutkan, para penyerang memekik "Allahu Akbar" saat melepas tembakan ke arah jemaah.

Seorang pejabat pemerintah setempat mengatakan, serangan mungkin bermotif politik karena bulan lalu gubernur menyeberang ke kubu oposisi.

Gubernur Kano, Rabiu Musa Kwankwaso, merupakan satu dari lima gubernur yang meninggalkan kubu Presden Goodluck Jonathan pada November tahun lalu.

Kelompok militan Boko Haram—yang memperjuangan Syariah Islam di Nigeria Utara—sebelumnya juga pernah menyerang masjid di Kano karena dianggap tidak sesuai dengan pandangan mereka.

Bulan Mei, Presiden Jonathan menyatakan, tiga negara bagian di Nigeria utara dalam keadaan darurat karena rangkaian kekerasan Boko Haram, yaitu Adamawa, Borno, dan Yobe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com