Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Negara Bagian AS Alami Suhu di Bawah Nol

Kompas.com - 08/01/2014, 18:16 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Gelombang hawa dingin dirasakan di 50 negara bagian Amerika Serikat, Selasa (7/1/2013) waktu setempat. Bahkan, seekor beruang kutub di kebun binatang Chicago memilih tetap berada di dalam kandangnya.

Suhu terdingin dilaporkan terjadi di Embarrass, Minnesota, sebuah kota berpenduduk hanya 600 orang. Di kota kecil itu tercatat suhu anjlok hingga minus 37 derajat celsius. Bahkan jika embusan angin dingin terjadi, suhu bisa semakin dingin mencapai minus 43 derajat celsius.

Di Hawaii, stasiun cuaca di gunung tertinggi kepulauan itu, Mauna Kea, mencatat suhu minus 6 derajat celsius. Situasi serupa juga terjadi di seluruh negara bagian di wilayah selatan AS.

"Kondisi ini sudah diperkirakan tetapi tetap saja tidak lazim. Biasanya suhu di Florida, Texas, atau Louisiana tetap di atas titik beku," kata seorang juru bicara Badan Cuaca Nasional AS.

Di Chicago, beruang kutub milik kebun binatang kota itu, Anana, bahkan harus dimasukkan ke dalam ruang berpenghangat sepanjang Senin lalu. Anana hanya keluar dari ruangan itu untuk waktu singkat saat suhu menunjukkan minus 27 derajat celsius.

Akibat gelombang hawa dingin yang disebut polar vortex itu, sebanyak 21 orang dikabarkan meninggal dunia di seluruh AS. Berdasarkan data terakhir, sedikitnya 187 juta orang terdampak bencana cuaca ekstrem ini.

Di seluruh penjuru AS, pemerintah 32 negara bagian dari Montana hingga Florida memperingatkan warganya terkait ancaman embusan angin dingin. Ratusan sekolah di berbagai kota mulai Minneapolis dan Chicago hingga negara bagian Florida di selatan terpaksa diliburkan akibat gelombang hawa dingin ini.

Gubernur Illinois Pat Quinn sudah menyatakan keadaan darurat setelah negara bagian itu harus berjuang keras menghadapi cuaca terdingin selama dua dekade terakhir. Suhu di Illinois begitu dingin sehingga air yang dilemparkan langsung menjadi es batu sebelum jatuh ke tanah.

Di Iowa, seorang warga bernama Tom Rauen menjadi sensasi di internet setelah dia mengunggah video ke YouTube yang menayangkan selembar kaus basah yang berubah menjadi es batu dalam waktu tak lebih dari satu menit.

Di wilayah selatan, gelombang hawa dingin memicu kekhawatiran akan merusak tanaman jeruk di Florida. Di Illinois lebih dari 500 orang penumpang kereta api Amtrak terjebak semalaman akibat jalur kereta yang membeku.

Namun, badan meteorologi AS memperkirakan cuaca buruk akan segera berakhir karena suhu udara berangsur-angsur meningkat pada akhir pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com