Kompas.com - 07/01/2014, 22:17 WIB
EditorErvan Hardoko

DARWIN, KOMPAS.com — Biro Cuaca Darwin melaporkan, kota besar Australia yang paling dekat dengan perbatasan Indonesia itu, Selasa (7/1/2014), mencatat suhu hingga 36,1 derajat celsius yang merupakan catatan suhu tertinggi pada Januari sejak 1941.

Ini adalah hari kedua dari catatan rekor terpanas di ibu kota kawasan Teritorial Utara Australia.

Pada Senin (6/1/2014), suhu di Darwin tercatat mencapai 36 derajat celsius dan mulai memecahkan rekor suhu terpanas pada Januari 1985 yang mencatat 35,6 derajat celsius.

Tingkat kelembaban berada di antara 50 sampai 70 persen dalam dua hari terakhir.

Peramal cuaca senior Graham King mengatakan, suhu akan mulai menurun pada sore waktu setempat setelah datangnya angin laut, tetapi diperkirakan rekor catatan suhu panas besok akan kembali pecah.

“Suhunya akan terus meningkat,” katanya.

“Tidak ada awan di sana dan terdapat banyak udara kering di sekitarnya,” lanjut King lagi.

Adapun suhu terpanas di Darwin pernah terjadi pada Oktober 1982 yang mencapai 38,9 derajat celsius.

King mengungkapkan, suhu panas sepanjang pekan ini akan terus berlangsung. "Kita mungkin akan menunggu sekarang untuk perubahan musim dalam sepekan," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.