Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2014, 15:07 WIB
Sebuah pesawat jenis Boeing 787-9 Dreamliner akan tiba di daerah Red Centre, Australia, yang terkenal kering dan bersuhu tinggi, minggu depan. Pesawat tersebut akan menjalani ujian cuaca panas.

Perusahaan pembuat pesawat dari Amerika Serikat tersebut menyatakan bahwa mereka memilih bandara Alice Springs di Wilayah Utara Australia untuk pengujian karena lokasi tersebut memenuhi syarat khusus perihal fasilitas dan lingkungan.

Kota Alice Springs dikelilingi oleh gurun pasir.

Minggu lalu, suhu siang hari di kota tersebut berkisar 40 derajat celsius. Namun, diramalkan akan turun menjadi sekitar 36 derajat minggu depan.

Pesawat jenis 787-9 adalah versi lebih besar dari tipe 787-8. Saat ini, tipe 787-8 digunakan di Australia oleh maskapai Jetstar.

Tipe 787-9 dapat membawa lebih banyak penumpang dan terbang lebih lama dari satu tempat pengisian bahan bakar ke tempat pengisian lain.

Pesawat ini dijadwalkan tiba di Alice Springs hari Senin (13/01/2014) untuk memulai program pengujian, yang akan berlangsung selama seminggu.

Hari Minggunya, tipe pesawat tersebut akan diluncurkan secara resmi di Auckland, Selandia Baru.

Setelah menjalani tes selama sembilan bulan di berbagai tempat di dunia, penerbangan komersial pertama 787-9 diperkirakan akan dilakukan di bawah logo maskapai Air New Zealand.

Penerbangan tersebut dijadwalkan tanggal 15 Oktober dengan rute dari Auckland, Selandia Baru, ke Perth, Australia Barat.

Maskapai Qantas dan Jetstar juga diperkirakan akan menggunakan 787-9 Dreamliners.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com