Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Colorado Jadi Negara Bagian Pertama di AS Izinkan Ganja

Kompas.com - 01/01/2014, 21:39 WIB


Negara bagian Colorado menjadi kawasan pertama di Amerika Serikat yang mengizinkan penggunaan dan penjualan ganja atau mariyuana.

Sekitar 30 toko di seluruh negara bagian itu mulai menjual ganja eceran mulai Rabu (1/1/2014), yang dijuluki Green Wednesday atau Rabu Hijau.

Tidak hanya Colorado. Negara bagian Washington sebenarnya juga sudah melakukan pemungutan suara yang melegalkan warganya memiliki dan menggunakan ganja untuk tujuan nonmedis bagi mereka yang berusia 21 tahun ke atas.

Namun, sampai saat ini Washington masih belum memulai izin penjualan ganja eceran dan direncanakan mulai tahun depan.

Colorado dan Washington termasuk di antara 20 negara bagian yang menyepakati mariyuana untuk tujuan non medis.

Para pemilik toko menyambut perkembangan ini, antara lain Linda Andrews, pemilik Lodo Wellness Recreational Centre di Denver, Colorado.

"Kami mulai menjual mariyuana untuk tujuan medis sejak 2009 dan baru mendapatkan izin untuk menjual secara eceran. Telepon kami terus berdering sepanjang hari dan banyak di antaranya dari luar kota," kata Andrews kepada BBC.

Sementara itu, Ashley Kilroy, direktur Kebijakan Mariyuana untuk pemerintah kota Denver, ibukota Colorado, mengatakan penjualan diizinkan berdasarkan sejumlah peraturan. Sebab, obat bius ini masih ilegal berdasarkan hukum federal.

"Pemerintah Federal mengatakan mereka akan mengizinkan diberlakukannya UU ini sepanjang kami menjamin ada pengawasan ketat, seperti bahwa mariyuana tidak akan dijual kepada anak di bawah umur... dan mariyuana tidak akan melintas ke negara bagian lain," kata Ashley Kilroy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com