Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Perlonggar Kebijakan Satu Anak

Kompas.com - 28/12/2013, 12:38 WIB
China telah menyetujui pelonggaran kebijakan satu anak dengan membolehkan pasangan memiliki dua anak jika diantara mereka adalah anak tunggal.

Komite pusat Partai Komunis China telah mengesahkan pelonggaran kebijakan ini setelah mereka menggelar pertemuan sejak November lalu.

Sebuah proposal untuk menghapuskan pendidikan ulang melalui kamp kerja paksa juga telah disetujui. Perubahan kebijakan ini telah diuji di sejumlah negara bagian China.

Keputusan memperlonggar kebijakan satu anak ini tinggal disetujui oleh legislatif sebelum resmi diberlakukan.

Dampak Sosial

China telah memperkenalkan kebijakan satu anak pada akhir 1970-an untuk mengekang ledakan pertumbuhan penduduk. Kebijakan satu anak ini diperkirakan telah menekan pertambahaan penduduk China hingga 400 juta orang sejak dijalankan.

Namun menurut pemberitaan media, kebijakan ini semakin tidak populer setelah ada kekhawatiran di kalangan elite pemerintah bahwa populasi penduduk China tidak akan berjalan selaras dengan kebutuhan tenaga kerja di masa depan.

Kebijakan itu juga dikritik karena membangkitkan sejumlah masalah sosial baru, seperti peningkatan populasi penduduk usia 60 tahun serta praktek aborsi janin bayi perempuan yang terus meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com