Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Peringati Ulang Tahun ke-120 Mao Zedong

Kompas.com - 26/12/2013, 17:55 WIB


Berbagai acara digelar di China untuk memperingati ulang tahun ke-120 Mao Zedong, pendiri China modern yang jatuh pada 26 Desember 2013 ini.

Kantor berita Xinhua melaporkan, sejumlah pemimpin, termasuk Ketua Partai Komunis dan Presiden Xi Jinping mengunjungi mausoleum Mao di Beijing, Kamis (26/12/2013) guna menyampaikan penghormatan.

Mereka menundukkan kepala tiga kali di hadapan jenazah Mao yang diawetkan di monumen makam itu.

Surat kabar resmi Partai Komunis melaporkan penghormatan terbaik kepada Mao dapat dilakukan dengan cara meneruskan reformasi ekonomi meskipun perombakan diterapkan setelah kematian Mao Zedong.

AFP PHOTO / WANG ZHAO Warga China dengan latar belakang foto Mao Zedong.


Sementara itu ribuan warga menghadiri perayaan di Shaoshan dekat dengan rumah Mao di masa kecil. Mereka menyaksikan atraksi kembang api dan menikmati hidangan mi yang disediakan secara gratis.

"Mao adalah pemimpin besar bagi bangsa China, ia adalah sosok sempurna dan bagi kami sebagai generasi muda, kami bisa belajar darinya," kata Jiang Qi, seorang warga di Shaoshan, seperti dikutip kantor berita AFP.

Mao memerintah selama 27 tahun dan meninggal dunia pada 1976.

Para wartawan mengatakan, kalangan politikus China harus menjaga keseimbangan ketika memuji Mao. Mereka berhutang pada Mao atas warisan politik tetapi pada saat yang sama menyadari bahwa kebijakan-kebijakannya sekarang sudah kuno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com