Kompas.com - 22/12/2013, 09:35 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Kuba siap meresmikan kawasan pertama pembangunan khusus di Mariel, sekitar 50 kilometer sebelah barat ibu kota Havana pada Januari 2014. Adalah Presiden Raul Castro sebagaimana warta AP  pada Sabtu (21/12/2013) yang mengemukakan hal tersebut.

Mariel terletak di wilayah pantai. Kawasan ini akan menjadi lokasi penanaman modal asing. Mariel komplet dengan teknologi modern. "Mariel juga puna manajemen berpengalaman," kata Castro dalam pidatonya pada penutupan masa sidang parlemen.

Peresmian tahap pertama Mariel, imbuh Castro, menanti usainya pembangunan terminal peti kemas. Selanjutnya, pembangunan infrastruktur kerja akan makin menyempurnakan Mariel.

Program Mariel adalah bagian dari 300 petunjuk pelaksanaan pembaruan politik, ekonomi, dan sosial yang disetujui Partai Komunis Kuba. Upaya ini untuk meningkatkan posisi Kuba di dunia internasional.

Meski proses perubahan di Kuba sudah berjalan, Castro selalu mengatakan,"Perubahan itu tidak terburu-buru tapi juga tidak berjeda."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.