Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuba Siap Resmikan Kawasan Pertama Pembangunan Khusus

Kompas.com - 22/12/2013, 09:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kuba siap meresmikan kawasan pertama pembangunan khusus di Mariel, sekitar 50 kilometer sebelah barat ibu kota Havana pada Januari 2014. Adalah Presiden Raul Castro sebagaimana warta AP  pada Sabtu (21/12/2013) yang mengemukakan hal tersebut.

Mariel terletak di wilayah pantai. Kawasan ini akan menjadi lokasi penanaman modal asing. Mariel komplet dengan teknologi modern. "Mariel juga puna manajemen berpengalaman," kata Castro dalam pidatonya pada penutupan masa sidang parlemen.

Peresmian tahap pertama Mariel, imbuh Castro, menanti usainya pembangunan terminal peti kemas. Selanjutnya, pembangunan infrastruktur kerja akan makin menyempurnakan Mariel.

Program Mariel adalah bagian dari 300 petunjuk pelaksanaan pembaruan politik, ekonomi, dan sosial yang disetujui Partai Komunis Kuba. Upaya ini untuk meningkatkan posisi Kuba di dunia internasional.

Meski proses perubahan di Kuba sudah berjalan, Castro selalu mengatakan,"Perubahan itu tidak terburu-buru tapi juga tidak berjeda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com