Kompas.com - 22/12/2013, 04:20 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Kesepakatan gas dengan Rusia menyelamatkan Ukraina dari krisis ekonomi. Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Grigory Karasin mengemukakan hal itu sebagaimana warta Itar-Tass pada Sabtu (21/12/2013).

Dalam pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Victor Yanukovych di Moskwa, Selasa (17/12/2013), Rusia sepakat memotong harga gas yang dibeli Ukraina. "Keputusan ini penting dalam kerangka hubungan persaudaraan kedua negara untuk membenahi perekonomian Ukraina," kata Karasin.

Dalam pertemuan itu, kedua negara juga meneken 14 perjanjian berisi kerja sama industri, pertanian, dan eksplorasi ruang angkasa. Rusia juga memberikan pinjaman kepada Ukraina sebesar 15 miliar dollar AS.

Awalnya, Ukraina bakal meneken kerja sama politik ekonomi dengan Uni Eropa (UE) saat Konferensi Tingkat Tinggi Kemitraan Timur di Lithuania bulan lalu. Tapi, tiba-tiba rencana itu batal dan Ukraina beralih pada kemitraan perdagangan dengan Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.