Kompas.com - 20/12/2013, 11:34 WIB
EditorEgidius Patnistik
SEOUL, KOMPAS.COM - Bibi pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, tampaknya telah kembali ke rumah bulan lalu setelah mendapat perawatan di luar negeri untuk penyakit jantung, kata sebuah laporan, Jumat (20/12).

Keberadaan dan status Kim Kyong-Hui menjadi fokus perhatian media setelah suaminya, Jang Song-Thaek, dieksekusi pekan lalu dalam pergolakan politik terbesar sejak Kim Jong-Un mewarisi kekuasaan dua tahun lalu.

"Setahu saya, Kim Kyong-Hui mendapat perawatan untuk penyakit jantung dan telah kembali ke Korea Utara bulan lalu," kata seorang sumber diplomatik di Beijing kepada kantor berita Yonhap.

Tidak ada indikasi di mana dia dirawat. Namun sejumlah laporan sebelumnya mengatakan, perempuan itu telah mencari pengobatan di Singapura dalam beberapa kesempatan sebelumnya. Janda Jang itu menjadi berita media pemerintah pekan lalu saat dia menghadiri sebuah acara resmi. Kehadirannya itu menunjukkan bahwa dia selamat dari pembersihan terkait kasus yang menimpa Jang.

Namun dia tampaknya melewatkan peristiwa politik penting pada Selasa, yaitu ulang tahun kedua kematian kakaknya dan mantan pemimpin Korut, Kim Jong-Il.

Eksekusi terhadap Jang menimbulkan pertanyaan tentang pertikaian antar faksi di puncak hirarki Pyongyang dan memicu Seoul dan Washington untuk memberi peringatan tentang kemungkinan tindakan provokatif Korea Utara yang memiliki senjata nuklir.

Jang dan istrinya pernah dianggap sedang memainkan peran kunci dalam memperkuat kepemimpinan pemimpin muda dan tidak berpengalaman itu. Namun Kim Kyong-Hui (67 tahun) sudah jarang  terlihat dalam satu tahun terakhir. Sejumlah laporan mengatakan, dia sakit parah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.