Kompas.com - 19/12/2013, 22:14 WIB
EditorErvan Hardoko
PARIS, KOMPAS.com — Keponakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang sedang menuntut ilmu di Perancis dikabarkan berada di bawah pengawasan kepolisian terkait perkembangan politik di kampung halamannya.

Kim Han Sol, keponakan Kim Jong Un, awal pekan ini terlihat oleh sejumlah jurnalis Korea Selatan tengah berada di Universitas Le Havre di bawah pengawalan petugas kepolisian.

Dia adalah putra kakak tiri Kim Jong Un, Kim Jong Nam, yang mengasingkan diri sejak 2001 setelah mencoba mengunjungi Disneyland Jepang dengan menggunakan paspor palsu.

Media massa Korea Selatan mengabarkan, Kim Han Sol bahkan dikawal polisi hingga ke asrama tempat tinggalnya. Sementara petugas polisi yang lain berpatroli di sekeliling kampus.

Pemuda itu belum lama ini bahkan meminta agar namanya dihapus dari kotak surat kampus sebagai bagian untuk menghindari sorotan media. Demikian dikabarkan The South China Morning Post.

Kim Han Sol saat ini baru memasuki tahun pertamanya dalam program Eropa-Asia Universitas Sciences Po. Meski perkuliahan disampaikan dalam bahasa Inggris, setiap mahasiswa harus menguasai bahasa Perancis dan satu bahasa Asia lain, seperti Korea, Hindi, China, Jepang, dan Indonesia.

Kegemaran Kim Han Sol mengkritik rezim yang dipimpin pamannya membuat dia kini berada di bawah pengawalan ketat. Dalam wawancara dengan sebuah stasiun televisi Finlandia pada 2012, Kim menyebut pamannya sebagai seorang diktator.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.