Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Dukung Terus Pemusnahan Senjata Kimia Suriah

Kompas.com - 19/12/2013, 17:25 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - China mendukung terus realisasi pemusnahan senjata kimia Rusia. Perempuan Juru Bicara Menteri Luar Negeri China Hua Chunying mengemukakan hal itu kepada media sebagaimana warta Xinhua pada Kamis (19/12/2013). "China siap memberikan bantuan transportasi laut untuk rencana pemusnahan tersebut,"kata Chunying.

China, imbuh Chunying, berharap agar pemusnahan itu berlangsung dengan baik dan aman. "Proses seperti itu menjadi pendukung penyelesaian politik Suriah," tutur Chunying.

Lebih lanjut, Chunying mengingatkan kalau proses tersebut merupakan implementasi dari Resolusi 2118 Dewan Keamanan PBB. Perwujudan pemusnahan itu juga dalam kerangka kerja Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

Catatan menunjukkan senjata kimia dalam kategori paling berbahaya, menurut OPCW, akan dipindahkan keluar Suriah akhir tahun ini. Seluruh senjata itu akan dikapalkan untuk dimusnahkan paling lambat 30 Juni 2014.

OPCW dalam catatannya itu juga mengatakan kalau Angkatan Laut (AL) China bertanggung jawab membawa senjata-senjata kimia itu dari Suriah ke Italia. "Kesempatan ini adalah debut pertama AL China di Laut Mediterrania," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengawasan dan Perlucutan Senjata China Chen Kai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com