Kompas.com - 19/12/2013, 17:25 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - China mendukung terus realisasi pemusnahan senjata kimia Rusia. Perempuan Juru Bicara Menteri Luar Negeri China Hua Chunying mengemukakan hal itu kepada media sebagaimana warta Xinhua pada Kamis (19/12/2013). "China siap memberikan bantuan transportasi laut untuk rencana pemusnahan tersebut,"kata Chunying.

China, imbuh Chunying, berharap agar pemusnahan itu berlangsung dengan baik dan aman. "Proses seperti itu menjadi pendukung penyelesaian politik Suriah," tutur Chunying.

Lebih lanjut, Chunying mengingatkan kalau proses tersebut merupakan implementasi dari Resolusi 2118 Dewan Keamanan PBB. Perwujudan pemusnahan itu juga dalam kerangka kerja Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

Catatan menunjukkan senjata kimia dalam kategori paling berbahaya, menurut OPCW, akan dipindahkan keluar Suriah akhir tahun ini. Seluruh senjata itu akan dikapalkan untuk dimusnahkan paling lambat 30 Juni 2014.

OPCW dalam catatannya itu juga mengatakan kalau Angkatan Laut (AL) China bertanggung jawab membawa senjata-senjata kimia itu dari Suriah ke Italia. "Kesempatan ini adalah debut pertama AL China di Laut Mediterrania," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengawasan dan Perlucutan Senjata China Chen Kai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.