Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Pulangkan Dua Tahanan Guantanamo Asal Sudan

Kompas.com - 19/12/2013, 16:48 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Pemerintah AS, Rabu (18/12/2013), mengumumkan telah memulangkan dua tahanan Guantanamo asal Sudan ke kampung halaman mereka.

Ini adalah pembebasan kedua dalam sepekan terakhir saat Presiden Barack Obama berusaha untuk menutup penjara militer itu.

Noor Uthman Muhammed (51) dan Ibrahim Othman Ibrahim Idris (52) adalah warga Sudan terakhir yang ditahan di pangkalan AL AS yang terletak di Kuba itu. Demikian seorang sumber Departemen Pertahanan AS mengatakan.

Idris dianggap sebagai seorang veteran jaringan teroris yang menyatakan sumpah setia kepada Osama bin Laden pada 1990-an. Idris termasuk gelombang pertama tahanan yang tiba di Guantanamo pada 11 Januari 2002. Sementara itu, Mott Uthman Muhammed tiba di Guantanamo pada Mei 2002.

Pada Februari 2011, Muhammed mengaku bersalah terlibat dalam sebuah aksi terorisme. Sebagai imbalan atas pengakuan itu, sebagian dari vonis 14 tahun untuk Muhammed dibatalkan. Dia sudah menyelesaikan masa hukumannya pada 3 Desember lalu.

Idris seharusnya sudah dipindahkan dari Guantanamo sejak 2009, dibebaskan berdasarkan perintah pengadilan distrik Washington.

Pemindahan ini terjadi pada saat pemerintahan Obama mempercepat proses repatriasi tahanan untuk memenuhi janji kampanyenya menutup penjara militer yang dibuka pendahulunya, George W Bush, setelah serangan 11 September 2001.

Pada Senin (15/12/2013), Pentagon mengumumkan pemindahan dua tahanan asal Arab Saudi. Sementara itu, pada 5 Desember, dua warga Aljazair dipulangkan dari Guantanamo, meski kedua tahanan itu khawatir akan menghadapi tuntutan baru di negeri asalnya. Kini, tersisa 158 tahanan di Guantanamo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com