Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Hapus Wajah Paman Kim Jong Un dari Sejumlah Foto

Kompas.com - 19/12/2013, 10:39 WIB
Korea Utara (Korut) benar-benar ingin membersihkan jejak sejarah Jang Song Thaek, paman pemimpin negara itu, Kim Jong Un, yang telah dieksekusi awal bulan ini karena pengkhianatan dan korupsi. Ribuan dokumen pemerintah, foto, dan video yang ada wajah Jang telah dihapus dari internet.


AFP Dalam foto ini, setelah diedit, sosok Jang Song Thaek, sudah tidak terlihat.
Time.com menyajikan tiga contoh hasil karya rezim itu di mana wajah Jang telah dihilangkan dari foto/rekaman yang asli. Gambar yang disajikan berasal dari adegan film dokumenter "The Great Comrade" yang disiarkan di KCTV.

Media negara itu sebelumnya juga menghapus hampir semua arsip dan berita terkait eksekusi Jang, yang sudah diunggah ke internet. Penghapusan ribuan artikel itu adalah yang terbesar yang pernah dilakukan kantor berita KCNA dan harian Rodong Sinmun.

AFP Gambar asli dari film dokumenter yang sama,
Sejumlah berita yang menyebut nama Jang Song Thaek sudah terlebih dahulu disunting, tautan yang mengarah kepada Jang atau rekannya dihilangkan, serta rekaman video diedit sehingga tak ada lagi wajah Jang di dalamnya.


AFP Setelah diedit, sosok Jang Song Thaek tidak tampak lagi dalam gambar. Bandingkan dengan foto sebelumnya di atas.
Secara umum, semua artikel sebelum Oktober 2013 yang mengandung nama Jang Song Thaek sudah dihilangkan dari situs resmi kantor berita KCNA. Belum diketahui apakah artikel-artikel itu akan diunggah lagi setelah "diperbaiki" atau akan dihilangkan selamanya.

AFP Contoh gambar ke tiga, yang merupakan gambar asli. Dalam gambar ini Sosok Jang Song Thaek terlihat (lihat lingkaran merah).
Penghilangan massal ribuan artikel ini terpantau oleh situs NK News, sebuah situs berita yang mendedikasikan diri untuk meliput berbagai berita tentang Korea Utara.

AFP Dalam gambar ini, setelah diedit, sosok Jang Song Thaek tidak lagi tampak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com