Kompas.com - 18/12/2013, 19:38 WIB
EditorErvan Hardoko
BAQUBA, KOMPAS.com — Seorang polisi Irak mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan para peziarah Syiah. Dia tewas memeluk pelaku bom bunuh diri sesaat sebelum pelaku mengaktifkan bomnya.

Pelaku bom bunuh diri itu mengincar para peziarah Syiah di kawasan Khales di timur laut Baghdad. Ledakan bom itu menewaskan lima orang dan melukai 10 orang lainnya.

Seorang kolonel polisi Irak mengatakan, salah seorang korban tewas adalah seorang polisi yang bertugas mengawal para peziarah Syiah itu.

Dia memeluk si pelaku bom bunuh diri beberapa saat sebelum beraksi sebagai upaya untuk melindungi para peziarah itu. Polisi yang tewas itu adalah Ayyub Khalaf (34). Dia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak. Demikian dikatakan rekannya, Saad Naim.

"Ayyub mati syahid melindungi para peziarah. Namanya akan selalu dikenang karena dia menyelamatkan puluhan nyawa orang tak bersalah," kata Naim.

"Kami akan membalas Al Qaeda atas peristiwa ini," lanjut Naim.

Pengeboman di Khales adalah bagian dari serangkaian serangan yang mengincar para peziarah Syiah.

Ratusan ribu orang, sebagian besar berjalan kaki, melakukan ziarah ke kota suci Karbala selama 40 hari setelah peringatan kematian cucu Nabi Muhammad, Imam Husein. Hari ke-40 setelah peringatan itu disebut hari raya Arbaeen yang tahun ini jatuh pada 23 Desember.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.