Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lindungi Peziarah Syiah, Polisi Irak Tewas Peluk Pengebom Bunuh Diri

Kompas.com - 18/12/2013, 19:38 WIB
BAQUBA, KOMPAS.com — Seorang polisi Irak mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan para peziarah Syiah. Dia tewas memeluk pelaku bom bunuh diri sesaat sebelum pelaku mengaktifkan bomnya.

Pelaku bom bunuh diri itu mengincar para peziarah Syiah di kawasan Khales di timur laut Baghdad. Ledakan bom itu menewaskan lima orang dan melukai 10 orang lainnya.

Seorang kolonel polisi Irak mengatakan, salah seorang korban tewas adalah seorang polisi yang bertugas mengawal para peziarah Syiah itu.

Dia memeluk si pelaku bom bunuh diri beberapa saat sebelum beraksi sebagai upaya untuk melindungi para peziarah itu. Polisi yang tewas itu adalah Ayyub Khalaf (34). Dia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak. Demikian dikatakan rekannya, Saad Naim.

"Ayyub mati syahid melindungi para peziarah. Namanya akan selalu dikenang karena dia menyelamatkan puluhan nyawa orang tak bersalah," kata Naim.

"Kami akan membalas Al Qaeda atas peristiwa ini," lanjut Naim.

Pengeboman di Khales adalah bagian dari serangkaian serangan yang mengincar para peziarah Syiah.

Ratusan ribu orang, sebagian besar berjalan kaki, melakukan ziarah ke kota suci Karbala selama 40 hari setelah peringatan kematian cucu Nabi Muhammad, Imam Husein. Hari ke-40 setelah peringatan itu disebut hari raya Arbaeen yang tahun ini jatuh pada 23 Desember.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com