Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Inggris Tewas di Penjara Suriah

Kompas.com - 18/12/2013, 06:09 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

LONDON, KOMPAS.com — Seorang dokter asal Inggris yang bekerja sukarela di rumah sakit Suriah dikabarkan tewas di penjara rezim Bashar al-Assad. Keluarga mengatakan dokter itu tewas hanya beberapa hari sebelum janji pembebasannya.

Abbas Khan, dokter tersebut, adalah dokter tulang berusia 32 tahun asal London Selatan. Dia tiba di Aleppo, Suriah, tahun lalu untuk membantu warga sipil yang membutuhkan perawatan dokter. Namun, dia tertangkap rezim Assad.

Ayah dua anak ini, kata keluarga, meninggal dalam tahanan, hanya beberapa hari sebelum dia dijadwalkan bebas dan diserahkan kepada seorang anggota parlemen Inggris.

Pejabat Suriah mengatakan, Khan bunuh diri. Namun, pejabat yunior di Kementerian Luar Negeri Inggris, Hugh Robertson, mengatakan, rezim Assad bertanggung jawab atas kematian Khan.

"Tidak ada alasan apa pun yang bisa menjelaskan perlakuan yang dia terima dari pihak berwenang Suriah. (Mereka) membunuh seorang warga Inggris yang berada di negara mereka untuk membantu orang yang terluka selama perang sipil mereka," ujar Robertson kepada BBC.

Direktur Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdel, mengatakan kepada AFP bahwa ada kemungkinan Khan meninggal karena penyiksaan. Dugaan ini berdasarkan data dari ratusan kasus serupa yang kemudian oleh pemerintah diumumkan sebagai kasus bunuh diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com