Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Hantam Basis Hezbollah di Lembah Bekaa

Kompas.com - 17/12/2013, 18:15 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com — Sebuah bom mobil meledak di sebuah pos pemeriksaan Hezbollah di Lebanon timur, Selasa (17/12/2013) pagi, yang menyebabkan korban tewas dan luka.

Para pejuang Hezbollah, yang menguasai sebagian besar wilayah Lembah Bekaa yang tak jauh dari perbatasan Suriah, menembaki sebuah mobil yang mendekati pos pemeriksaan. Demikian dikabarkan kantor berita NNA.

Sejauh ini belum jelas apakah pengemudi mobil itu adalah seorang pelaku bom bunuh diri atau tembakan para pejuang Hezbollah itulah yang menyebabkan mobil tersebut meledak.

"Sebuah ledakan terjadi sekitar pukul 04.00 di dekat pos pemeriksaan Hezbollah di Sbouba, menyebabkan korban tewas dan luka," kata seorang sumber.

Setidaknya empat mobil terbakar di lokasi ledakan di Lembah Bekaa yang juga menjadi lokasi penampungan puluhan ribu pengungsi Suriah yang jumlahnya kini mencapai seperlima jumlah penduduk Lebanon.

Kelompok beraliran Syiah itu berulang kali menjadi target serangan kelompok-kelompok Sunni garis keras setelah pemimpin Hezbollah, Hassan Nasrallah, secara terbuka mengakui para pejuangnya kini membantu pasukan pemerintah rezim Bashar al-Assad di Suriah.

Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah serangan bom menghantam pusat-pusat Hezbollah baik di ibu kota Beirut maupun di Lembah Bekaa.

Insiden terakhir terjadi pada 19 November ketika dua pengebom bunuh diri menyerang Kedutaan Besar Iran di kawasan selatan Beirut yang merupakan basis Hezbollah. Insiden itu mengakibatkan 23 orang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com