Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Peringati Dua Tahun Kematian Kim Jong Il

Kompas.com - 17/12/2013, 17:07 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara, Selasa (17/12/2013), menggelar peringatan dua tahun kematian Kim Jong Il, hanya beberapa hari setelah Kim Jong Un mengeksekusi pamannya yang dituduh terlibat korupsi.

Pemimpin Korut Kim Jong Il yang memerintah Korea Utara selama hampir dua dekade, meninggal dunia secara mendadak dua tahun lalu, dan kekuasaan lantas dialihkan kepada anaknya, Kim Jong Un.

Chang Song Thaek, yang telah dieksekusi, merupakan paman Kim Jong-un sekaligus pembimbingnya saat transisi kepemimpinan dari Kim Jong Il kepada sang anak, pada 2011 lalu.

Namun beberapa hari lalu, Chang Song-thaek ditangkap di tengah rapat Partai Komunis oleh pasukan bersenjata, dan kemudian dieksekusi.

Ini adalah guncangan terbesar sejak Kim mengambil alih kepemimpinan dari mendiang ayahnya dua tahun lalu. Sekretaris Jenderal PBB Ban Kim-moon menggambarkan eksekusi itu sebagai "sangat dramatis dan mengejutkan".

Putra ketiga Kim Jong Il dan sekaligus penggantinya, Kim Jong-un menghadiri upacara dua tahun kematian ayahnya, Senin (16/12), seperti dilaporkan televisi pemerintah Korut.

Dia duduk di podium kehormatan diapit salah seorang pejabat penting Korut, Kim Yong Nam dan sejumlah perwira tentara. Sementara itu, ribuan tentara Korea Utara melakukan pawai di depan makam Kim Jong Il di ibu kota Pyongyang, dan menyatakan sumpah setia kepada Kim Jong Un.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com