Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Ancaman Bom, Universitas Harvard Lakukan Evakuasi

Kompas.com - 16/12/2013, 23:29 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Sebuah ancaman bom, Senin (16/12/2013), memaksa pihak Universitas Harvard mengevakuasi penghuni di empat bangunan, memanggil polisi, dan menunda ujian yang tengah berlangsung.

Situs resmi universitas elite itu mengumumkan evakuasi di Pusat Sains, asrama Thayer, ruang kelas Sever, serta gedung perkuliahan dan gedung Emerson, tempat departemen filsafat.

"Silakan kosongkan gedung-gedung itu," demikian disampaikan dalam situs resmi Universitas Harvard.

"(Mereka yang ada di semua bangunan sudah dievakuasi, sementara ancaman itu diselidiki. Harvard fokus terhadap keselamatan mahasiswa dan staf," tambah situs itu.

Tak lama kemudian, polisi datang dan langsung memeriksa gedung-gedung yang sudah dievakuasi.

Namun, satu setengah jam setelah peringatan, ancaman bom itu tetap belum terkonfirmasi dan polisi tidak memiliki alasan untuk memercayai ancaman tersebut.

Lewat akun Twitter-nya, pengelola universitas juga menyampaikan bahwa tidak ada laporan mengenai ledakan di kawasan kampus.

Ancaman bom ini muncul tiga hari setelah seorang pelajar bersenjatakan senapan menembak mati dua kawannya sebelum bunuh diri di sebuah SMA di Colorado.

Sebulan sebelumnya, universitas elite AS lainnya, Yale, sempat "dikunci" selama empat jam setelah seorang penelepon tak dikenal mengatakan bahwa rekan sekamarnya berencana untuk menembaki orang-orang di kampus tersebut.

Harvard adalah salah satu universitas paling ternama di dunia, yang terletak di kota Cambridge, Boston, Massachusetts. Universitas ini didirikan pada 1636 dan kini memiliki sekitar 21.000 mahasiswa.

Ribuan orang menuntut ilmu di universitas ini, termasuk beberapa presiden Amerika Serikat, salah satunya Barack Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com