Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Kasus Perkosaan di India Meningkat Dua Kali Lipat

Kompas.com - 16/12/2013, 21:43 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Sebuah laporan dari organisasi anti-kemiskinan ActionAid menunjukkan angka kasus pemerkosaan yang dilaporkan di India meningkat dua kali lipat sepanjang 2012.

Laporan yang dirilis bertepatan dengan peringatan kasus pemerkosaan Jyoti Singh di sebuah bus New Delhi juga menemukan bahwa kasus-kasus serangan seksual meningkat empat kali lipat.

Mark Chenery dari ActionAid menyatakan, temuan itu mesti menjadi peringatan. ”Dan kita harus mengingatnya kalau jumlah yang kami temui di sini merupakan kasus-kasus yang dilaporkan,” ujarnya kepada program Asia Pasific Radio Australia.

Menurut dia, jumlah yang dilaporkan itu jauh lebih rendah daripada jumlah kasus yang terjadi.

Chenery mengungkapkan agak sulit menyebut jika jumlah itu merefleksikan apakah akan banyak kasus pemerkosaan terhadap perempuan di India untuk di masa depan, kendati dia meyakini perilaku terhadap perempuan secara perlahan berubah di India.

”Akan tetapi jalan masih panjang,” tutur Chenery.

”(Dan) ada tanda-tanda pasti setidaknya di masyarakat, yang menginginkan pihak berwenang bertindak tegas atas kekerasan terhadap perempuan,” katanya lagi.

ActionAid menyerukan India agar mempercepat proses pengadilan atas kaus pemerkosaan dan mendorong agar pemerintah menyediakan layanan hotline 24 jam untuk para korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com