Kompas.com - 16/12/2013, 16:55 WIB
EditorErvan Hardoko
PYONGYANG, KOMPAS.com — Kim Kyong Hui, bibi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, ternyata tetap berada di dalam lingkaran dalam pemerintah meski suaminya, Jang Song Thaek, dieksekusi pekan lalu.

Pada Sabtu (14/12/2013) malam mengumumkan bahwa Kim Kyong Hui (67), putri pendiri Korea Utara Kim Il Sung, ditunjuk sebagai salah satu anggota komite pemakaman anggota partai. Sebuah posisi yang cukup prestisius.

Pekan lalu, Jang Song Thaek dihukum mati beberapa hari sebelum peringatan meninggalnya Kim Jong Il, ayah pemimpin Korea Utara saat ini.

Pyongyang mengatakan, Jang dihukum mati karena berusaha merebut kekuasaan dan membawa perekonomian negeri itu menuju ke arah "bencana yang tak bisa dikendalikan".

Setelah kematian suaminya, nasib Kim Kyong Hui menjadi tidak jelas. Namun, kemudian kantor berita Korea Utara KCNA mengabarkan, Kyong Hui diperintahkan untuk mempersiapkan pemakaman Kim Kuk Thae, Ketua Komisi Kontrol Partai Pekerja Korea Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.