Kompas.com - 13/12/2013, 08:28 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

NEW YORK, KOMPAS.com — Laporan PBB yang dirilis Kamis (12/12/2013) waktu setempat menyatakan senjata kimia telah dipakai di Suriah, sekurangnya di lima lokasi selama konflik horizontal di negara itu. Laporan juga menyebutkan bahwa anak-anak turut menjadi korban selama konflik itu.

"Misi PBB (untuk senjata kimia di Suriah) menyimpulkan senjata kimia telah digunakan dalam konflik yang sedang berlangsung antara pihak-pihak di Suriah," tulis laporan yang disusun oleh tim ahli pimpinan pakar Swedia, Ake Sellstrom.

Bukti kuat dan bukti konsisten, kata laporan itu, menjadi dasar kesimpulan telah digunakannya senjata kimia di Ghouta, Khan Al Asal, Jobar, Saraqueb, dan Ashrafieh Sahnaya. Namun, laporan itu mengatakan tak ada cukup bukti penggunaan senjata kimia di dua lokasi lain, Bahhariyeh dan Sheik Maqsood.

Meski demikian, laporan itu—seperti halnya laporan lain yang pernah ada—tak menyebutkan kubu yang harus bertanggung jawab atas penggunaan senjata kimia di Suriah. Alasannya, mandat misi dari Dewan Keamanan PBB terkait penggunaan senjata kimia di Suriah tak memberikan kewenangan sampai ke pelaku.

Presiden Suriah Bashar al-Assad mengakui pasukannya memiliki senjata kimia dan telah bersedia menyerahkan senjata mematikan itu ke dalam pengawasan internasional. Namun, Assad membantah keras telah menggunakan senjata itu untuk menargetkan warga sipil.

Tudingan penggunaan senjata kimia dan bahkan menyasar warga sipil oleh rezim Assad datang dari Barat, Arab, oposisi, dan pegiat hak asasi manusia. Sebaliknya, sekutu Assad dari Rusia dan Iran menuding bahwa kubu oposisi yang telah memakai senjata terlarang itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.