Kompas.com - 11/12/2013, 09:28 WIB
EditorEgidius Patnistik
Presiden Barack Obama tertangkap kamera sedang mengambil foto diri (selfie) bersama Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt saat duduk di antara hadirin di upacara penghormatan terakhir bagi Nelson Mandela di Afrika Selatan, Selasa (10/12/2013). Foto-foto mereka sedang ber-selfie itu beredar luas dan memicu kehebohan kecil di dunia maya.

Dalam beberapa foto, tampak Michelle Obama melihat ke sisi lain, seakan-akan dia tidak percaya perilaku orang-orang yang duduk di sebelahnya.

Sejumlah kritikus berkomentar bahwa aksi selfie tiga pemimpin itu bercita rasa buruk berdasarkan konteks lokasi pengambilannya. "Jadi, Obama & Cameron & PM Denmark menampilkan level yang sama dengan remaja usia 14 tahun di bus sekolah," komentar seseorang di akun Twitter-nya.

Sejumlah wartawan berpendapat, liputan luas media atas foto itu justru lebih buruk ketimbang peristiwa itu sendiri. "Kalian tahu hal ini membuat media terlihat buruk, bukan?" Begitu kicauan kolumnis Politico, Dylan Byers, di Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.