Kompas.com - 10/12/2013, 20:16 WIB
EditorErvan Hardoko
DUBAI, KOMPAS.com — Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) segera melarang penjualan minuman bersoda dengan ukuran besar untuk mengurangi masalah obesitas kronis yang dialami warga negeri tersebut.

Kantor berita UEA, WAM, mengabarkan, rapat kabinet menyetujui sejumlah langkah untuk mempromosikan gaya hidup sehat untuk warga, salah satunya adalah mengurangi konsumsi minuman bersoda.

Langkah lain yang akan diterapkan adalah mengendalikan iklan makanan tak sehat dan semua produk makanan harus mencantumkan besaran kalori yang dikandungnya.

Sejauh ini belum diperoleh rincian tentang kapan larangan penjualan minuman bersoda ukuran besar ini akan diberlakukan.

UEA adalah negara dengan warga tergemuk kelima di dunia, berdasarkan data yang dipublikasikan jurnal kesehatan BMC pada 2012.

Sementara itu, menurut data Federasi Diabetes Internasional (IDF), lebih dari 745.000 warga UEA menderita diabetes.

Larangan seperti ini pernah diusulkan Wali Kota New York Michael Bloomberg. Dia mengusulkan larangan penjualan minuman berkadar gula tinggi dengan ukuran lebih besar dari 16 ons. Usulan ini langsung mendapatkan gugatan hukum dan usulan Bloomberg tersebut belum kunjung diterapkan hingga hari ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.