Kompas.com - 10/12/2013, 17:37 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com — Rakyat Ukraina baru saja menghancurkan sebuah patung sosok pemimpin revolusi Rusia, Vladimir Ilyich Lenin. Bagi rakyat Ukraina, patung ini dianggap simbol pertalian sejarah antara Ukraina dengan Rusia, ketika Ukraina pernah menjadi bagian dari Uni Soviet.

Lenin, yang bernama Vladimir Ilich Ulyanov, lahir di Simbirsk pada 22 April 1870 dan berasal dari keluarga dengan pendidikan yang baik. Ia adalah salah satu tokoh yang menjadi otak kaum Bolshevik dalam merebut kekuasaan di Rusia pada tahun 1917, dan merupakan arsitek dan kepala negara pertama Uni Soviet.

Tidak mengherankan bila pada masanya banyak sekali patung Lenin dibuat, baik patung sedada maupun utuh. Ternyata patung-patung Lenin tersebar di berbagai penjuru dunia. Berikut ini lima patung Lenin di berbagai negara.

1. Seattle, Amerika Serikat

Patung ini dipindahkan ke pinggiran kota Seattle pada awal tahun 1990-an. Seorang guru bahasa Inggris, Lewis Carpenter, menggadaikan rumahnya untuk menyelamatkan patung ini dari Slowakia. Sekarang patung ini berdiri di antara sejumlah toko makanan cepat saji, dan dihiasi pada acara-acara khusus dengan lampu meriah atau kostum yang menarik.

2. Antartika

Pada Desember 1958 ilmuwan Soviet menanggapi pembangunan stasiun Amundsen-Scott di Kutub Selatan oleh Amerika Serikat dengan membangun stasiun penelitian di wilayah paling terpencil di Antartika yang dijuluki Pole of Inaccessibility. Mereka juga membuat patung sedada Lenin sebelum akhirnya pergi meninggalkan stasiun itu dua pekan kemudian. Kini, hanya patung itu yang masih tersisa.

3. Islington, Inggris

Patung ini dibuat selama Perang Dunia II untuk merayakan aliansi dengan Uni Soviet melawan tentara Nazi Jerman. Dibuat arsitek imigran Rusia Berthold Lubetkin, yang bekerja dengan London's Finsbury Council pada proyek-proyek perumahan sebelum dan setelah perang. Patung ini berdiri untuk sementara waktu di Holford Square, dekat salah satu bekas rumah Lenin di London, tetapi sering dirusak. Patung ini sekarang dapat dilihat di Museum Islington.

4. Tarhankut, Ukraina

Letak patung ini tidak jauh dari Kiev, tetapi agak sulit bagi demonstran anti-Soviet untuk mendapatkannya. Ini adalah patung Lenin yang terletak di "museum bawah air" di Tarhankut, Krim. Sejumlah gambar mantan penguasa Soviet diletakkan di Alley of the Leaders, sedangkan patung-patung dan patung sedada diletakkan berdiri atau berbaring di bawah air.

5. Cavriago, Italia

Cavriago adalah satu dari beberapa kota-kota Eropa Barat yang memiliki patung Lenin di alun-alun kota. Situs resmi dewan kota menjelaskan, perdebatan sengit berkecamuk pada 1918 antara kaum moderat dan "maksimalis" dalam partai sosialis lokal. Kaum maksimalis menang dan pada tahun 1920 patung Lenin didirikan. Patung sedada ini dimaksudkan untuk memberikan kesaksian, dalam cara yang tidak menghakimi, atas "semangat politik dan massa yang begitu kuat pada masa-masa itu".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.