Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Dikabarkan Sudah "Singkirkan" Paman Kim Jong Un

Kompas.com - 09/12/2013, 15:58 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara, Senin (9/12/2013) menuding paman Kim Jong Un yang beberapa hari lalu dipecat dari jabatannya, Jang Song Thaek telah melakukan korupsi.

Kantor berita Korut KCNA menyebut orang yang pernah dipandang sebagai kekuatan di balik pemerintah Korea Utara itu selain melakukan korupsi, juga senang bermain perempuan, menggunakan narkoba, dan membangun faksi tersendiri di dalam partai pemerintah.

KCNA menambahkan Jang yang pernah dianggap sebagai mentor Kim Jong Un itu, sudah dipecat dari seluruh jabatannya serta dikeluarkan dari keanggotaan partai.

Masih menurut KCNA, keputusan soal Jang Song Thaek itu diambil pada Minggu (8/12/2013), lewat sebuah pertemuan tingkat tinggi Partai Pekerja yang dihadiri Kim Jong Un.

Stasiun televisi pemerintah bahkan menayangkan foto Jang saat diseret dari kursinya oleh dua orang petugas. Penayangan foto ini merupakan hal yang tak pernah terjadi sebelumnya jika menyangkut seorang pejabat senior.

Sejauh ini tidak jelas apakah foto yang ditayangkan televisi itu terjadi pada rapat hari Minggu itu atau dalam kesempatan lain. Namun, televisi pemerintah juga menayangkan foto lain yang menampilkan Kim Jong Un dengan wajah kaku duduk dengan para petinggi Korut lainnya.

Sejumlah analis di Korea Selayan mengatakan peran utama Jang adalah memuluskan proses transisi kekuasaan ke tangan Kim Jong Un yang tak berpengalaman, menyusul kematian ayahnya Kim Jong Il pada Desember 2011.

Namun, kemudian dalam perkembangannya, Kim Jong Un malah berseberangan dengan pamannya itu dan merasa terancam dengan keberadaannya.

"Kim Jong Un sudah membangun sebuah basis kekuasaan yang solid selama dua tahun terakhir. Dia tak lagi membutuhkan seseorang yang memiliki kekuasaan besar dan mengancam," ujar Paik Hak-soon, peneliti lembaga Institut Sejong, Seoul.

Sementara itu, dinas intelijen Korea Selatan mengatakan pekan lalu setelah Jang dicopot dari jabatannya, dua orang rekannya dihukum mati. Pernyataan ini sesuai dengan pemberitaan KCNA yang mengatakan pemerintah Korut sudah menyingkirkan Jang dan membersihkan kelompoknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com