Kompas.com - 09/12/2013, 15:58 WIB
EditorErvan Hardoko
PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara, Senin (9/12/2013) menuding paman Kim Jong Un yang beberapa hari lalu dipecat dari jabatannya, Jang Song Thaek telah melakukan korupsi.

Kantor berita Korut KCNA menyebut orang yang pernah dipandang sebagai kekuatan di balik pemerintah Korea Utara itu selain melakukan korupsi, juga senang bermain perempuan, menggunakan narkoba, dan membangun faksi tersendiri di dalam partai pemerintah.

KCNA menambahkan Jang yang pernah dianggap sebagai mentor Kim Jong Un itu, sudah dipecat dari seluruh jabatannya serta dikeluarkan dari keanggotaan partai.

Masih menurut KCNA, keputusan soal Jang Song Thaek itu diambil pada Minggu (8/12/2013), lewat sebuah pertemuan tingkat tinggi Partai Pekerja yang dihadiri Kim Jong Un.

Stasiun televisi pemerintah bahkan menayangkan foto Jang saat diseret dari kursinya oleh dua orang petugas. Penayangan foto ini merupakan hal yang tak pernah terjadi sebelumnya jika menyangkut seorang pejabat senior.

Sejauh ini tidak jelas apakah foto yang ditayangkan televisi itu terjadi pada rapat hari Minggu itu atau dalam kesempatan lain. Namun, televisi pemerintah juga menayangkan foto lain yang menampilkan Kim Jong Un dengan wajah kaku duduk dengan para petinggi Korut lainnya.

Sejumlah analis di Korea Selayan mengatakan peran utama Jang adalah memuluskan proses transisi kekuasaan ke tangan Kim Jong Un yang tak berpengalaman, menyusul kematian ayahnya Kim Jong Il pada Desember 2011.

Namun, kemudian dalam perkembangannya, Kim Jong Un malah berseberangan dengan pamannya itu dan merasa terancam dengan keberadaannya.

"Kim Jong Un sudah membangun sebuah basis kekuasaan yang solid selama dua tahun terakhir. Dia tak lagi membutuhkan seseorang yang memiliki kekuasaan besar dan mengancam," ujar Paik Hak-soon, peneliti lembaga Institut Sejong, Seoul.

Sementara itu, dinas intelijen Korea Selatan mengatakan pekan lalu setelah Jang dicopot dari jabatannya, dua orang rekannya dihukum mati. Pernyataan ini sesuai dengan pemberitaan KCNA yang mengatakan pemerintah Korut sudah menyingkirkan Jang dan membersihkan kelompoknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.