Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hormati Mandela, India Tetapkan Lima Hari Berkabung Nasional

Kompas.com - 06/12/2013, 17:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Demi menghormati mendiang Nelson Mandela, India menetapkan lima hari berkabung nasional terhitung mulai hari ini, Jumat (6/12/2013). Keputusan itu diambil beberapa jam setelah pria berusia 95 tahun itu wafat.

Menurut warta AP  hari ini keputusan itu diambil setelah rapat kabinet. Pemimpin India Presiden Pranab Mukherjee dan Perdana Menteri (PM) Manmohan Singh serta seluruh anggota parlemen dalam kesempatan itu menyempatkan diri mengucapkan belasungkawa untuk Mandela.

Pada Jumat pagi, Presiden Mukherjee juga sudah mengirimkan ucapan dukacita untuk seluruh rakyat Afrika Selatan. "India pun kehilangan sosok paling istimewa. Bagi rakyat India, Nelson Mandela sungguh-sungguh seperti Mahatma Gandhi. Hidup dan jiwanya adalah inspirasi untuk semua generasi," begitu pernyataan PM India Manmohan Singh.

India pernah menganugerahkan Penghargaan Bharat Ratna untuk Nelson Mandela. Ini adalah penghargaan tertinggi bagi orang sipil. "Kontribusi Mandela bagi hubungan India dan Afrika Selatan begitu besar," kata Presiden Manmohan Singh.
 
Nelson Mandela menghabiskan 27 tahun di dalam penjara. Dalam masa itulah, penyakit infeksi paru-paru mulai menggerogoti kesehatannya. Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengumumkan kematian Mandela pada Jumat dini hari waktu Afrika Selatan. "Negara kami kehilangan anaknya yang paling agung," demikian Jacob Zuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com