Kompas.com - 06/12/2013, 17:06 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
RAMALLAH, KOMPAS.com — Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Jumat (6/12/2013), memberikan penghormatan untuk komitmen mendiang Nelson Mandela terhadap rakyat yang kini meratapi kepergiannya.

"Ini adalah kehilangan besar bagi semua bangsa di dunia, termasuk Palestina," kata Abbas. Dia menyebut Mandela sebagai simbol kebebasan dari penjajahan dan pendudukan.

Mandela, yang kali pertama mengunjungi Israel dan wilayah Palestina pada 1999, adalah salah satu pendukung setia Palestina dan perdamaian Timur Tengah.

"Orang-orang Palestina tidak akan pernah lupa pada pernyataan bersejarah (Mandela) bahwa revolusi di Afrika Selatan tidak akan mencapai tujuannya selama Palestina tidak merdeka," kata Abbas.

Abbas menggambarkan Mandela sebagai orang yang paling berani dan penting di antara para pendukung Palestina.

Banyak warga Palestina mendapat inspirasi dari sukses perjuangan Mandela menentang apartheid dalam kurun waktu panjang, untuk mengakhiri pendudukan Israel dan permukiman Yahudi di Tepi Barat.

"Nama Mandela akan tinggal selamanya bersama Palestina dan semua orang Palestina," kata Abbas.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.