Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkosa Siswi, Kepsek Liu Akhirnya Masuk Bui

Kompas.com - 05/12/2013, 17:03 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Polisi di Shanxi, China, akhirnya menjebloskan seorang kepala sekolah (kepsek) bermarga Liu ke bui. Tuduhan terhadap pria berusia 50 tahun ini adalah memerkosa seorang siswinya, tulis Xinhua  pada Kamis (5/11/2013).

Namun, publik di provinsi itu sempat mempertanyakan lambannya kasus tersebut. Seturut catatan kepolisian, Liu melakukan hal itu pada Maret 2012. "Namun, kenapa baru hari ini dia ditangkap?" begitu salah satu ungkapan warga.

Terhadap kasus ini, otoritas Shanxi bersikap tegas untuk tidak memublikasikan nama ataupun usia korban.

Catatan polisi dalam penyelidikannya menunjukkan kalau Liu sudah sepuluh tahun menjadi kepsek di Ningshan, salah satu wilayah di Shanxi. Saat ditangkap, dia tak lagi menjadi kepsek, tetapi bertugas di Biro Pendidikan Shanxi.     

Pemerintah China pada Juni silam menghukum seorang kepala sekolah dan seorang karyawan pemerintah di Provinsi Hainan selama 13,5 tahun penjara. Keduanya terbukti memerkosa enam perempuan di sebuah hotel. Perkenalan kedua pelaku itu dengan para korban berawal dari media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com