Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serbu Mal, Polisi Irak Tewaskan Tiga Militan

Kompas.com - 05/12/2013, 15:09 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Akhirnya, aparat kepolisian Irak menyerbu Mal Jawahir di Kirkuk seusai berlama-lama mengepung pusat perbelanjaan tersebut. Rupanya, tulis AP pada Kamis (5/12/2013), gerombolan bersenjata sempat menguasai mal itu.

Catatan kepolisian menunjukkan, para begundal itu bersembunyi di atap mal berlantai enam tersebut. Awalnya, mereka menyerang sebuah pos polisi di dekat mal tersebut.

Para penjahat itu sempat menembaki para pengunjung mal. Ulah mereka membuat 11 pemilik gerai di mal itu terperangkap.

Alhasil, polisi mengambil keputusan menyerbu mal itu demi membebaskan warga sipil. "Sejak pagi kami sudah menyerbu mal itu," kata Komandan Kepolisian Kirkuk Brigadir Jenderal Sarhad Qadir.

Tercatat tiga militan tewas dalam penyerbuan itu. Tak hanya itu, sebagian besar mal sempat dilalap api.

Menurut Qadir, menyitir penyelidikan sementara pihaknya, serangan militan ke pos polisi itu terjadi sejak kemarin. Aksi kekerasan ini termasuk ledakan bom mobil dan serangan bom bunuh diri. Kekerasan itu menewaskan 5 polisi dan melukai 2 warga sipil. "Sementara ada 70 korban terluka," kata Sarhad Qadir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com