Kompas.com - 05/12/2013, 15:07 WIB
EditorErvan Hardoko

BANGKOK, KOMPAS.com — Raja Thailand Bhumibol Adulyadej mendesak warga untuk saling mendukung satu sama lain demi kepentingan negara.

Pesan ini diungkapkan dalam peringatan ulang tahunnya yang ke-86, Kamis (5/12/2013), seiring dengan aksi unjuk rasa yang berujung kekerasan di Bangkok.

Para demonstran—yang menuntut agar pemerintahan mundur—mulai melakukan protes pada 24 November kemarin.

Mereka setuju menghentikan serangan kepada gedung-gedung pemerintahan untuk memperingati ulang tahun raja, tetapi juga mengatakan akan kembali berunjuk rasa sesudahnya.

Berbicara di istananya di Hua Hin, raja mengatakan bahwa selama ini Thailand merasakan kedamaian karena kesatuan warga.

"Semua warga Thailand harus menyadari poin penting ini, serta berperilaku dan bertindak sesuai tugas masing-masing. Tugas kita demi kepentingan publik, stabilitas, dan keamanan untuk negara kita, Thailand," kata Raja Bhumibol Adulyadej.

Sementara itu, ribuan orang pergi ke kota Hua Hin dekat dengan Istana Klai Kangwon, berharap untuk bertemu dengannya. Demikian dikabarkan harian Bangkok Post.

Layanan bus dan kereta khusus disediakan oleh menteri transportasi untuk membawa warga Thailand ke pusat kota.

Raja biasanya memberikan pidato untuk bangsa pada ulang tahunnya. Warga cukup berharap untuk mendengar tanda apa pun yang menunjukkan pandangannya terhadap aksi protes di Thailand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.