Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Tuntut Resolusi Tolak Tebusan untuk Bebaskan Sandera

Kompas.com - 05/12/2013, 15:01 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Inggris mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menerbitkan resolusi yang meminta negara-negara di dunia tidak membayar uang tebusan untuk kelompok-kelompok penculik yang akan menggunakan uang tebusan itu untuk kegiatan terorisme.

Pemerintah Inggris memperkirakan selama tiga tahun terakhir lebih dari 70 juta dolar AS atau sekitar 838 miliar menjadi milik kelompok-kelompok teroris termasuk Al-Qaeda dari tebusan yang dibayarkan untuk para penculik.

Hal itu dijelaskan Duta Besar Inggris untuk PBB Mark Lyall Grant, pada Rabu (4/12/2013), seperti dikutip kantor berita Associated Press.

Lyall Grant mengatakan dia sudah mendistribusikan rancangan resolusi itu ke anggota DK PBB pada Selasa (3/12/2013).

Kemudian DK PBB akan menyerukan kepada 193 negara anggota PBB agar mencegah teroris mendapat keuntungan dari pembayaran uang tebusan.

Dubes Inggris berharap DK PBB bisa menerbitkan resolusi tersebut pada bulan ini dengan dukungan dari seluruh anggota DK PBB.

Inggris mendesak resolusi ini setelah para pemimpin negara-negara industri menerbitkan komunike di Irlandia Utara pada Juni lalu.

Komunike itu berisi keprihatinan atas semakin menyebarnya ancaman kelompok-kelompok teroris yang mendapatkan biaya operasionalnya dari pembayaran uang tebusan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com