Kompas.com - 05/12/2013, 12:43 WIB
EditorEgidius Patnistik
SEOUL, KOMPAS.COM — Setelah berita pemecatannya dari dua jabatan elite di pemerintahan Korea Utara terungkap di media, Jang Song Thaek (67) dilaporkan masih hidup dan selamat. Namun, kebenaran berita pemecatan paman dari pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong Un, itu belum bisa dipastikan.

Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-jae memastikan bahwa keselamatan Jang tak terancam. ”Saya mengetahui bahwa Jang Song Thaek tidak berada dalam kondisi yang membahayakan jiwanya,” kata Ryoo di hadapan anggota parlemen dalam pertemuan darurat di Seoul, Rabu (4/12/2013).

Sehari sebelumnya, seperti disampaikan anggota DPR Korsel, Jung Cheong-rae, mengutip laporan Badan Intelijen Nasional Korsel (NIS), Jang Song Thaek dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Komisi Pertahanan Nasional dan Kepala Departemen Partai Pekerja.

Jang adalah suami dari Kim Kyong Hui, adik perempuan mendiang pemimpin Korut Kim Jong Il. Jang selama ini dianggap sebagai orang paling berkuasa kedua di Korut setelah Jong Un, yang menggantikan Jong Il saat ayahnya itu meninggal dunia pada akhir 2011.

Dua anak buah Jang juga dilaporkan telah dieksekusi karena kasus korupsi bulan lalu. Namun, kebenaran kabar pemecatan tersebut masih kabur. Belum ada bantahan ataupun pembenaran dari Korut. Muncul keraguan tentang akurasi informasi dari NIS, mengingat lembaga tersebut sebelumnya beberapa kali salah informasi tentang Korut.

”Terlalu dini untuk memastikan dugaan itu bisa dipercaya,” kata Kim Yong-hyun, pakar Korut dari Universitas Dongguk.(AFP/AP/REUTERS/ENG)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.