Kompas.com - 05/12/2013, 11:55 WIB
EditorErvan Hardoko
BANGKOK, KOMPAS.com — Warga Thailand, Kamis (5/12/2013), memadati jalan-jalan berbagai kota untuk merayakan ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej ke-86, di tengah ketegangan politik yang terjadi belakangan ini di negeri itu.

Dari tayangan langsung televisi setempat, terlihat lautan warga Thailand mengenakan pakaian kuning memadati jalanan kota Hua Hin, tempat dia menghabiskan waktu sejak meninggalkan rumah sakit pada Agustus lalu.

"Hidup raja. Panjang umur raja," demikian sorak sorai ribuan warga Thailand sambil melambai-lambaikan bendera nasional ketika iring-iringan keluarga kerajaan mengelilingi kota Hua Hin.

Putra mahkota Maha Vajiralongkorn membuka upacara resmi perayaan ulang tahun ini dengan berpidato. Acara ini dihadiri para petinggi negara, termasuk PM Yingluck Shinawatra, dan para pemimpin militer.

Sementara itu, di Bangkok, para pengunjuk rasa membersihkan lokasi unjuk rasa di kota tua Bangkok sebagai persiapan perayaan ulang tahun. Para pengunjuk rasa berjanji akan menghentikan aksi sepanjang Kamis, tetapi akan melanjutkannya pada Jumat (6/12/2013).

Raja Bhumibol, raja dengan masa pemerintahan terpanjang di dunia, menderita komplikasi penyakit dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak 2009, Raja Bhumibol bahkan menghabiskan lebih banyak waktunya di rumah sakit. Awal tahun ini, raja bersama Ratu Sirikit meninggalkan rumah sakit dan tinggal di istananya di kota Hua Hin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.